Lulusan Fakultas Bahasa dan Sastra pada umumnya memenuhi harapan pengguna jika ditinjau dari sisi kompetensi teknis, namun soft skills masih perlu ditingkatkan.

Para lulusan umumnya menguasai sebagian besar ilmu yang dipelajarinya yang ditunjukkan oleh perolehan nilai yang baik, mampu berpikir logis dan kritis serta inovatif, mampu menganalisis, dan mampu mencari solusi permasalahan di bidangnya. Lulusan mampu dengan cepat mempelajari sesuatu yang baru dan cepat beradaptasi dengan perkembangan ipteks yang berkaitan dengan bidangnya.

Cukup banyak lulusan program studi di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra yang menunjukkan kemampuan wirausaha yang tinggi. Beberapa perusahaan swasta besar maupun kecil yang didirikan dan dipimpin oleh alumni program studi di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra. Di samping itu, ada pula alumni program studi di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra yang menduduki jabatan penting/strategis di berbagai industri besar di dalam dan di luar negeri, serta di pemerintahan. Hampir semua lulusan terserap di berbagai lapangan pekerjaan atau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa perusahaan menawarkan kesempatan bekerja bagi lulusan program studi di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra, baik dengan cara langsung datang ke program studi atau melalui Marketing Public Relations atau MPR Universitas Nasional.